Esim - [ID] Election Tutorial
Login:
Password:

Forgot password Register

Article

vid


Redactor

626


10
[ID] Election Tutorial (Old article)
Posted 11 years ago by
vid    
Report


Tutorial Pemilihan (Election)



Jenis-jenis Pemilihan

Terdapat 3 jenis pemilihan:

► Pemilihan Presiden (PRESIDENTIAL ELECTIONS) - hari ke-5 setiap bulan.
► Pemilihan Ketua Partai (PARTY LEADER ELECTIONS) - hari ke-15 setiap bulan.
► Pemilihan Anggota Kongres (CONGRESS ELECTIONS) - hari ke-25 setiap bulan.


■ Anda bisa memberikan suara dalam pemilihan tersebut bila telah mencapai tingkat/level 7.

■ Anda akan memperoleh 10 XP setelah memberikan suara (voting).

■ Anda hanya bisa memilih kandidat yang ada di Negara Anda. Aturan ini diberlakukan di setiap pemilihan.

■ Anda bisa ikut serta dalam pemilihan di suatu Negara bila memiliki kewarganegaraannya (citizenship).

■ Anda hanya bisa memilih hanya satu kali disetiap pemilihan.

■ Para kandidat bisa memilih dirinya sendiri.

■ Memenangkan pemilihan akan dianugerahkan: medali (dan hadiah 5 Gold
di setiap medali), prestasi (achievements) dan XP tambahan.

■ Bila dua pemain atau lebih memperoleh suara yang sama, maka pemenangnya akan ditentukan secara acak.

Informasi tentang kantor politik (political office) dari seorang pemain bisa dijumpai pada halaman profilnya, di bawah tempat Ia bekerja dan perusahaan yang dimilikinya, contoh:



Presiden

Pemilihan Presiden akan dilaksanakan pada hari ke-5 setiap bulan. Siapapun bisa menjadi Presiden di Negaranya bila Ia telah mencapai tingkat/level 8 dan 10 Gold
yang tidak akan dikembalikan bila kalah ataupun mengundurkan diri dari pencalonan.
Akan ada pengingat tentang pemilihan ini di halaman utama e-Sim, yaitu beberapa hari sebelum pelaksanaan.


Semua pemain akan memiliki waktu untuk memikirkan tentang pemilihan itu dan memutuskan apakah mencalonkan diri atau tidak. Untuk menjadi kandidat pemilihan, pilih ► COUNTRYPRESIDENTAL ELECTIONS dan tambahkan pencalonan Anda. Anda tidak dapat mencalonkan diri bila Anda menjabat sebagai anggota Kongres (congressman).


Anda juga bisa memberikan tautan ke presentasi Anda. Ini tidak diperlukan, namun sering kali presentasi yang bagus menjadi penentu hasil pemilihan.

Bila Anda memenangkan pemilihan, Anda akan memperoleh:
■ 500 XP.
■ Beberapa prestasi/achievement dari kategori Sosial dan Medali.
■ Medali Presiden dan 5 Gold
.



Bila Anda kalah dalam pemilihan, Anda tetap memperoleh kesempatan menjadi Presiden. Bila keputusan Presiden tidak disetujui anggota Kongres, maka mereka bisa menurunkan Presiden saat itu melalui aturan Pemakzulan (Impeach). Presiden selanjutnya adalah pemain yang terpilih di urutan ke dua dalam pemilihan Presiden. Namun, Ia tidak akan menerima medali Presiden.

Menjadi Presiden di suatu Negara merupakan jabatan yang paling penting dan terhormat, namun juga membutuhkan tanggungjawab yang besar. Presiden bisa memasuki 3 organisasi Negara, serta mengatur keuangan Negara. Ia juga bisa mengajukan aturan/undang-undang. (maksimal 5 setiap hari) dan memberi suara (vote) layaknya anggota kongres.

Ia juga bisa (melalui kerjasama dengan anggota kongres):
- Menyatakan perang (declare war) kepada suatu Negara, menyerang wilayah baru.

- menghentikan perang yang sedang terjadi melalui perjanjian perdamaian (signing peace).

- mengajukan MPP agar bisa bertarung (fight) di pertempuran aliansi selama berada di Negara sendiri (hingga MPP tersebut berakhir dalam 30 hari).

- memasang (atau menghancurkan) bangunan pertahanan (defensive buildings/DS) dan rumah sakit (hospital/H) di wilayah Negaranya.

- memberikan subsidi untuk pertempuran. (pembayarannya dilakukan dengan mata uang lokal kepada setiap peserta pertempuran; jumlahnya tergantung pada kerusakan (damage) yang dihasilkan).

- mengajukan referendum yang memberikan kesempatan bagi warga Negaranya untuk memberikan suara (YA atau TIDAK) tentang hal-hal penting yang menyangkut masa depan Negara, contohnya adalah rencana militer.



Partai (Party)

Pemilihan Ketua Partai akan dilaksanakan pada hari ke-15 setiap bulan. Di sini tidak diperlukan tingkat/level minimal untuk mencalonkan diri, namun Anda harus membayar 2 Gold
.


Anda juga bisa menjadi kandidat Ketua Partai hanya pada Partai yang Anda ikuti dan di wilayah kewarganegaraan Anda.

Bila Anda ingin menjadi Ketua Partai lainnya, ingatlah bahwa ketika Anda meninggalkan suatu Partai, Anda harus menunggu selama 24 jam untuk bisa bergabung dengan partai yang lain.


Anda bisa mencalonkan diri mulai dari hari ke-12 hingga hari ke-14 di ► COUNTRYPARTY ELECTIONS. Anda juga bisa menambahkan tautan ke presentasi Anda, namun itu tidak diperlukan.

Anda akan memperoleh ■ sebuah prestasi/achievement Kandidat Partai (Party candidate) sebagai peserta pemilihan Partai.

Bila Anda memenangkan pemilihan Partai, Anda akan memperoleh ■ 50 XP dan ■ prestasi/achievement Ketua Partai (Party leader).

Tanggungjawab utama seorang Ketua Partai adalah:

- mencari anggota baru agar mencapai posisi Partai di 5 besar.

- bila Partai Anda telah berada di posisi 5 besar, maka sehari sebelum pemilihan anggota kongres (hari ke-24), Ketua Partai akan memiliki kewenangan untuk mengubah daftar kandidat-kandidatnya: Ia bisa membiarkan atau membatalkan setiap kandidat.





Kongres (Congress)

Pemilihan anggota Kongres akan dilaksanakan pada hari ke-25 setiap bulan. Para pemain bisa mengirimkan pencalonannya antara hari ke-21 hingga ke-23. Untuk mencalonkan diri dalam pemilihan ini, pilih ► COUNTRYCONGRESS ELECTIONS dan tambahkan pencalonan Anda di bawah calon lainnya.

Hari ke-24 merupakan hari yang disediakan bagi Ketua Partai untuk mengubah daftar kandidat-kandidatnya. Hanya kandidat dari 5 Partai besarlah yang di setujui dalam pemilihan.

Anda tidak perlu membayar apapun dan tidak ada tingkat/level minimal yang diperlukan dalam pemilihan ini. Anggota Kongres akan terbentuk dari 20 pemain yang memperoleh suara terbanyak.

Bila Anda memenangkan pemilihan Kongres, maka Anda akan memperoleh:
■ 50 XP.
■ beberapa prestasi/achievement dari kategori Sosial dan Medali.
■ Medali Kongres (congressman medal) dan 5 Gold
.



Tanggungjawab utama anggota Kongres adalah memberi suara pada pengajuan undang-undang. Beberapa undang-undang hanya bisa diajukan oleh Presiden dan beberapa undang-undang hanya bisa diajukan oleh anggota Kongres. Satu anggota Kongres bisa mengajukan maksimal 5 undang-undang selama masa jabatannya.

Anggota Kongres menerima 1 XP untuk setiap suara yang diberikannya. Bila ada pengajuan undang-undang yang baru, maka anggota Kongres akan menerima pemberitahuan/notifikasi. Mereka memiliki kesempatan memberikan suara selama 24 jam atau kurang bila jumlah suara telah memenuhi syarat bahwa undang-undang tersebut diterima/ditolak.


Pengajuan undang-undang akan berakhir bila terdapat lebih dari 50% suara dari anggota Kongres di salah satu pihak - YA atau TIDAK. Bila anggota Kongres tersebut lengkap, (tidak ada yang meninggalkan atau kena banned), dan memiliki 20 anggota + Presiden, maka mereka akan membutuhkan paling sedikit 11 suara untuk mengakhiri pemungutan suara tersebut.

Berbeda dengan Pemakzulan (Impeach) - Anda akan membutuhkan lebih dari 65% suara YA (Setuju) untuk menurunkan Presiden.

Tanggungjawab lain bagi anggota Kongres adalah memberikan kewarganegaraan kepada pemain dari Negara lain. Anggota Kongres dapat melakukannya dengan memilih ► COUNTRYCITIZENSHIP. Di sana terdapat aplikasi yang masih tertunda. Bila satu anggota Kongres ingin memberikan kewarganegaraan kepada pemain di dalam daftar tersebut, maka Ia harus memilih klik Terima (Accept) pada permohonannya.


Anggota Kongres hanya bisa menerima beberapa permohonan yang jumlahnya bergantung pada jumlah suara yang diperolehnya dalam pemilihan Kongres. Setiap 10 suara, Ia bisa menerima tambahan 1 permohonan. Jumlah suara tersebut dibulatkan ke atas.

Contoh:

0 - 10 suara - 1 kewarganegaraan
11 - 20 suara - 2 kewarganegaraan
21 - 30 suara - 3 kewarganegaraan
31 - 40 suara - 4 kewarganegaraan
dan seterusnya.




Previous article:
[ID] Contract Tutorial (11 years ago)

Next article:
[ID] IRC Tutorial (11 years ago)

ESim
or
Register for free:
Only letters, numbers, underscore and space are allowed (A-Z,a-z,0-9,_,' ')
Show more

By clicking 'Sign Up!', you agree to the Rules and that you have read the Privacy Policy.

About the game:


USA as a world power? In E-Sim it is possible!

In E-Sim we have a huge, living world, which is a mirror copy of the Earth. Well, maybe not completely mirrored, because the balance of power in this virtual world looks a bit different than in real life. In E-Sim, USA does not have to be a world superpower, It can be efficiently managed as a much smaller country that has entrepreneurial citizens that support it's foundation. Everything depends on the players themselves and how they decide to shape the political map of the game.

Work for the good of your country and see it rise to an empire.

Activities in this game are divided into several modules. First is the economy as a citizen in a country of your choice you must work to earn money, which you will get to spend for example, on food or purchase of weapons which are critical for your progress as a fighter. You will work in either private companies which are owned by players or government companies which are owned by the state. After progressing in the game you will finally get the opportunity to set up your own business and hire other players. If it prospers, we can even change it into a joint-stock company and enter the stock market and get even more money in this way.


In E-Sim, international wars are nothing out of the ordinary.

"E-Sim is one of the most unique browser games out there"

Become an influential politician.

The second module is a politics. Just like in real life politics in E-Sim are an extremely powerful tool that can be used for your own purposes. From time to time there are elections in the game in which you will not only vote, but also have the ability to run for the head of the party you're in. You can also apply for congress, where once elected you will be given the right to vote on laws proposed by your fellow congress members or your president and propose laws yourself. Voting on laws is important for your country as it can shape the lives of those around you. You can also try to become the head of a given party, and even take part in presidential elections and decide on the shape of the foreign policy of a given state (for example, who to declare war on). Career in politics is obviously not easy and in order to succeed in it, you have to have a good plan and compete for the votes of voters.


You can go bankrupt or become a rich man while playing the stock market.

The international war.

The last and probably the most important module is military. In E-Sim, countries are constantly fighting each other for control over territories which in return grant them access to more valuable raw materials. For this purpose, they form alliances, they fight international wars, but they also have to deal with, for example, uprisings in conquered countries or civil wars, which may explode on their territory. You can also take part in these clashes, although you are also given the opportunity to lead a life as a pacifist who focuses on other activities in the game (for example, running a successful newspaper or selling products).


At the auction you can sell or buy your dream inventory.

E-Sim is a unique browser game. It's creators ensured realistic representation of the mechanisms present in the real world and gave all power to the players who shape the image of the virtual Earth according to their own. So come and join them and help your country achieve its full potential.


Invest, produce and sell - be an entrepreneur in E-Sim.


Take part in numerous events for the E-Sim community.


forum | Terms of Service | Privacy policy | Support | Wikia | Alpha | Luxia | Primera | Secura | Suna | Mega | Arcadia | Vega | esim political game
PLAY ON